Selasa, 23 Juli 2013

CARA MELATIH MERPATI AGAR TERBANG TINGGI

  Tidak semua merpati tinggian mau segera terbang tinggi. Seringkali masalah ini amat merisaukan para pelatih (joki) merpati tinggian. Beberapa hal yang biasanya menjadi penyebab adalah:

1). usia merpati yang masih belia,
2). jam terbang latihan masih sedikit,
3). sedang dalam keadaan mabung (moultng) dan ada selar/sayap yang kurang,
 4). asupan pakan yang kurang kalsium (kekurangan ini biasanya krn burung terlalu lama dikurung tanpa diberi pakan bergizi), dan
5). karakter burung tipe keras.


  Dalam tulisan ini hanya akan membahas tentang merpati karakter/tipe keras yang tidak mau terbang tinggi. Jenis merpati berkarakter/bertipe keras adalah merpati yang kecepatan terbang dan menukiknya di atas rata-rata merpati tinggian. Merpati tipe ini berani kamikaze saat menukik sehingga tak heran banyak pula yang mati karena membentur landasan yang keras (tidak diberi busa atau sekam).

Pada saat terbang gandeng, merpati tipe keras biasanya sedikit berada di depan sehingga menguntungkan pada saat lomba kolongan (ring). Di arena lomba-lomba tingkat nasional, hampir selalu merpati karakter keras ini amat mendominasi. Namun, ternyata tidak semua pelatih (joki) merpati tingian mampu mengolah merpati karakter keras ini menjadi merpati juara. Hal ini disebabkan kurangnya pengalaman joki dalam menangani merpati tipe keras.

Salah satu ciri merpati tipe keras (apalagi yang masih muda) adalah tidak mau terbang tinggi pada lepasan dekat saat latihan, sehingga banyak pula prasangka dikiranya merpati balap. Keengganan merpati tipe keras untuk terbang tinggi pada lepasan dekat merupakan cara untuk menghafal rute yang baru.

Dari pengalaman Penulis menangani merpati tipe keras ini, diketahui bahwa pada umumnya merpati keras baru akan terbang tinggi pada lepasan antara 1 km--1,5 km pada lapak yang baru dihafalnya. Pada kasus yg ekstrim, ada pula merpati jenis ini yang mau terbang tinggi setelah di lepasan 3 km, tapi untungnya, setelah terbiasa terbang tinggi di lepasan 3 km, merpati jenis keras ini tetap akan terbang tinggi pada lepasan yg lebih dekat, misalnya 1,2 km. Merpati keras yang sudah mapan mampu terbang tinggi, sama tingginya dengan merpati-merpati biasa.

Kesimpulan : solusi untuk merpati karakter keras yang belum mau terbang tinggi adalah TAMBAH TERUS JARAK LEPASAN secara bertahap.

SELAMAT MENCOBA...

Tidak ada komentar: